Mengenalkan tokoh dan teori dalam sosiologi.

Tokoh dan teori sosiologi

Assalamualaikum,apa kabar semua,semoga sehat selalunya...

Pada pembahasan kali ini,saya akan membahas tentang,pengenalan tokoh dan teori sosiologi,oke langsung saja pada pembahasan kita kali ini.

    Dalam ilmu sosiologi,teori di gunakan untuk menganalis fenomena sosial dalam masyarakat.Melalui teori ini pula suatu hal/fenomena dapat di kaji lebih dalam dan dianalisis secara ilmiah dan komprehensif. Oke,saya akan mengulas beberapa tokoh sosiologi.  
A).Aguste comte.
      Siapa yang tidak kenal aguste comte atau orang sering bilang bapak sosiologi,salah satu teori yang di kemukakan nya adalah hukum tiga tahap,berikut ini saya akan mengulas tentang hukum tiga tahap nya.
1).Tahap teologis,pada tahap ini menjelaskan bahwa segala sesuatu hal yang terjadi di dunia ini di kendalikan oleh kekuatan gaib.Tahapan ini memiliki 3 tahap yaitu fetisisme,politeisme,yang terakhir adalah monoteisme.
2).Tahap metafisik,merupakan tahap transisi teologis menuju positivis.Pada tahap ini,manusia sudah memikirkan kepercayaan kepada hukum tuhan.
3).Tahap positivis,di tandai dengan berkembang nya ilmu pengetahuan dalam diri manusia.

B).Ferdinand tonnies.ia merupakan      tokoh pecentus istilah kelompok sosial dalam masyarakat yaitu paguyuban(gemeinschatf)dan patembayan gessellschaft,jadi saya akan menjelaskan tentang keduanya..
-Paguyuban(gemeinchaft),ini merupakan bentuk kehidupan bersama yang di mana anggota-angotanya saling ada hubungan batin murni dan bersifat alami dan kekal.
   Ada 3 jenis masyarakat paguyuban yang di bedakan oleh ferdinand tonnies.
-gemeinschat by blood.
-gemeinschat by place.
-gemeinschaft of mind.
-   Patembayan(gessellschaft)bentuk kehidupan masyarakat berdasarkan ikatan lahir,bersifat pokok,di satukan oleh kepentingan tertentu,dan yang terakhir, di bentuk oleh jangka waktu yang pendek.kelompok ini di dasarkan oleh struktur sosial yang bersifat mekanis/keahlian.

C) Emile Durkhem. Adalah pecentus teori keteraturan       sosial,teori keteraturan sosial membahas tentang permasalahan yang mendasar yang di hadapi oleh anggota masyarakat yaitu cara membentuk keteraturan sosial dan keteraturan sosial ini dapat membentuk dan meningkatkan integrasi dan solidaritas sosial,apa itu integrasi,integrasi adalah kemampuan untuk beradaptasi dan selalu berkontribuksi di antara kelompok satu dengan kelompok lain. Selanjutnya adalah solidaritas,solidaritas ini adalah seperti adanya rasa kebersamaan,kesatuan,kepentingan,dan terakhir adalah simpati.

D). Wax weber.ia merupakan seorang tokoh sosiologi yang      memperkenalkan tentang teori tindakan sosial,menurut teori ini,tindakan/perilaku seseorang dalam masyarakat bukan terjadi secara kebetulan secara khusus max weber mengklasifikasi tindakan sosial tersebu,saya akan mengulas beberapa klasifikasi dari wax weber
1). Tindakan rasional instrumental,tidakan ini di lakukan seseorang atas pertimbangan sadar serta ada hubungan dengan tujuan tindakan dan ketersediaan alat untuk mencapai nya.
2). Tindakan rasional,suatu tindakan yang di lakukan,karna ada nilai yang terkandung dalam tindakan tersebut.
3). Tindakan afektif, Tindakan seseorang yang terjadi karena adanya perasaan dan emosi.ini terjadi karena adanya sifat spontan,tidak rasional,dan merupakan ekspresi emosional dari individu.
4). Tindakan tradisional.tindakan yang di mana seseorang memperlihatkan perilaku tertentu karna adanya kebiasaan yang di peroleh dari nenek moyang,tanpa sadar/perencanaan.

E). Karl marx.
     karl max ia adalah yang mengemukakan teori kelas sosial.Teori ini berpijak pada saat revolusi industri,terdapat perbedaan sosial pada saat itu,yaitu kelas pemilik modal(borjuis) dan buruh(proletar).

F). Charles wrigh mils.
      ia mengembangkan teori sosiologi secara modern dengan pokok pikiran imajinasi sosiologi.imajinasi sosiologi dapat di kembangkan melalui dua konsep yaiti permasalahan(trouble)dan isu(issue).permasalahan muncul akibat pertentangan pikir terhadap realitas sosial dalam masyarakat.adapun isu muncul dari luar diri manusia untuk menyikapi suatu kondisi.

F). George simmel.
     teori dan pemikiran George simmel sebagai berikut.
1). Pemikiran dialektis,yaitu suatu pemikiran individu yang memiliki hubungan bersifat dualitis,maksudnya adalah Di satu pihak individu merupakan anggota masyarakat dan dis sosialisasikan oleh masyarakat tersebut,tetapi pada waktu yang sam dia juga menentang masyarakat tersebut dengan sendiri.pemikirani ini paling terkenal.
2). Interaksi sosial.ia mencoba membedakan bentuk dan isi dari intraksi.Bentuk dari yang di bedakan di sebut sosiabilita,selain itu ia juga membedakan tentang superordinasi dan subordinasi,jadi,superordinasi adalah ketaatan masyarakat dalam interaksi sosial dan subordinasi adalah dominasi dalam proses interaksi sosial yang biasanya di lakukan oleh kelompok penguasa.
3). The philosophy of money,yaitu analisis yang berkaitan antara pertaruhan manusia dengan uang.
4). Tiga wilayah masalah dengan sosiologi menurut ia,yaitu sosiologi murni yaitu tentang variable-variable sosialisasi dan interaksi,sosiologi umum membahas produk sosial dan cultural, dan juga sosiologi filosofi.

Oke, itu saja pada pembah sampai di sini saja pembahasan kita,bila ada kekurang tolong sampaikan komen atau yang lain sekian,wassalam

.


   


Komentar