Yok,kita kita melihat kajian ilmu sosio.

#Kajian ilmu sosiologi#

  Assalmualaikum,pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang kajian ilmu sosiologi.oke langsung saja pada pembahasan kita,kali ini.
  Kajian kajian ilmu sosiologi sebagai berikut.
 A). Sosialisasi dalam pembentukan peroses kepribadian.
     Sosialisasi ini merupakan proses yang di mana untuk
mempelajari/menanamkan nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat,agen pertama sosialisasi yaitu keluarga karna keluarga adalah pembentuk kepribadian dalam proses  sosialisasi primer,sedangkan kalo sekunder sosialisasi ini di temukan di linkungan sekitar.
B). Interaksi sosial
     Interaksi sosial adalah hubungan dinamis yang terjadi antarindividu,individu ke kelompok,serta kelompok ke kolompok.interaksi tersebut terjadi karena adanya hubungan sosial.syarat terjadinya interaksi sosial yaitu kontak sosial (sosial contack) dan komunikasi(communikation.
C). Nilai dan norma.
      Nilai merupakan prinsip dasar/kualitas dasar yang di anggap penting bagi seseorang/ masyarakat.Norma adalah perilaku,aturan yang di bentuk untuk memujudkan keteraturan sosial dalam masyarakat.
D). Kelompok sosial.
     Suatu pengelompokan sosial yang berdasarkan norma,nilai,adanya harapan persamaan senasip yang sama.
E). Lembaga sosial.
      Menurut Paul b.horton dan chester l.hunt,lembaga sosial adalah sistem norma dan sosial dan hubungan -hubungan terorganisasi yang menyatukan nilai-nilai dan prosedur tertentu dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.
F).Penyimpangan sosial.
    Merupakan sesuatu yang tidak sesuai dengan nilai norma dalam masyarakat.
G). Mobilitas sosial.
     Merupakan pergerakan /perpindahan status sosial dari suatu lapisan sosial menuju lapisan lain.ada 3jenis mobilitas sosial yaitu mobilitas vertikal,horizontal dan bilateral,Mobilitas vertikal :perpindahan yang bersifat naik/turun(tidak sederajat).dan mobilitas horizontal merupakan perpindahan yang terjadi dalam tingkatan yang sama (sederajat).,yang terakhir yaitu mobilitas lateral perpindahan individu atau kelompok dari wilayah satu ke wilayah lain tanpa mengubah status sosial sosial.
H).pengedalian sosial.
     adalah upaya penertiban yang di lakukan oleh masyarakat,ini di lakukan untuk menjaga keterturan dan keseimbangan dalam masyarakat terdapat 2 jenis pengendalian sosial yaitu 1.pengendalian formal yaitu di lakukan secara sadar yaitu di sengaja,terencana,dan memiliki saksi. tegas dan pengendalian nonformal yaitu pengendalian yang di lakukan secara kolektif melalui desas desus,pengucilan,celaan dan ejekan.
I). Perubahan sosial.
      Menurut selo soemardjan,perubahan sosial adalah segala perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan yang memengaruhi sistem sosial masyarakat,termasuk nilai-nilai,sikap,dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok.
J). Steruktur sosial.
Sturuktur sosial merupakan tatanan/susunan sosial dalam masyarakat struktur sosial terbagi menjadi 2 yaitu diferensi sosial yaitu menunjukkan pada perbedaan secara horizontal contoh perbedaan suku bangsa ras dan golongan,stratefikasi soail yaitu menunjukan sistem pelapisan sosial secara sertifikat.

  • Alhamdulillah,jadi,itu saja pembahasan kita kali ini kalo ada kekurangan saya mohon maat

  • Wassalam.


  1.      

Komentar